CIRI – CIRI SAYUR DAN CARA PENYIMPANAN

CIRI – CIRI SAYUR DAN CARA PENYIMPANAN

 

  1. Kangkung.

Kangkung adalah jenis sayur yang sudah sangat umum di Indonesia. Hampir semua orang tentu pernah makan sayuran yang punya nama lain bayam air.kangkung menyimpan banyak sekali kebaikan buat tubuh.Mulai dari menjaga kesehatan mata, mencegah diabetes, sampai melawan penyakit hati (liver).Sayuran ini biasanya di masak menjadi cak kangkung atau lalapan.

  • Cara menyimpan:

Sayuran ini dapat bertahan selama 1-3 hari.Disimpan di kulkas,dengan cara jangan mencuci kangkung,kemudian bungkus kangkung dengan kertas,simpan di kulkas bagian rak paling bawah.

 

2.Bayam

Bayam menjadi salah satu sayuran yang sering dikonsumsi oleh banyak orang. Hampir semua orang tentu pernah memakan sdiayuran ini.Selain bernilai gizi tinggi, olahan bayam saat ini pun beraneka macam. Ada yang mengolah dengan cara ditumis, dibuat salad atau kreasi lainnya.

  • Cara penyimpanan:

Sayuran ini dapat bertahan selama 1-3 hari.Untuk menyimpan sayur bayam, sebaiknya simpan di tempat yang kering namun sejuk.Simpan di dalam kantong plastik atau kertas sayur agar kualitasnya tetap terjaga. Jika ingin menyimpannya di lemari es, usahakan untuk mencuci sayur bayam hingga benar-benar bersih, kemudian tiriskan hingga asat dan masukkan ke kantong plastik lalu taruh di lemari es tempat sayur.

3.Buncis

Buncis adalah sejenis polong-polongan. Buah, biji, dan daunnya dimanfaatkan orang sebagai sayuran. Sayuran ini kaya dengan kandungan protein.Biasanya sayur ini dibuat campuran sop atau masakan sayuran lainnya.

  • Cara penyimpanan:

Sayuran ini dapat bertahan selama 1-4 hari.Cuci buncis terlebih dahulu,kemudian tiriskan hingga air berkurang.Lalu tempatkan sayur di wadah kertas/plastik.Kemudian simpan di lemari es.

 

4.Kubis

kubis menjadi salah satu sayur favorit banyak orang. Sayur kubis mengandung berbagai nutrisi yang sangat baik kesehatan. Kubis juga menjadi sayuran yang diolah menjadi berbagai masakan isinya dibuat menjadi orak-arik atau masakan lainnya.

  • Cara penyimpanan:

sayuran ini dapat bertahan selama 1 minggu.Langsung saja bungkus sayur kubis menggunakan plastik,lalu simpan di kulkas.

 

5.Sawi pakcoy

Sawi adalah sayuran yang sangat mudah ditemukan ini di pasar swalayan atau pasar tradisional.Sama seperti semua sayuran hijau, sawi mengandung antioksidan yang melindungi tubuh Anda dari kerusakan radikal bebas. Mereka juga merupakan sumber serat yang bagus, yang membantu mengatur saluran pencernaan Anda dan menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.sayuran ini dapat dijadikan tumis atau sebagai tambahan untuk bakso/mie ayam.

  • Cara penyimpanan:

Sayuran ini dapat bertahan hingga 5 hari jika disimpan di kulkas dengan cara (jangan dicuci) dan dibungkus kertas koran/tisu dapur, lalu dimasukkan ke dalam kantong plastik dengan beberapa lubang.

 

6.Selada

Jadi salah satu sayuran berdaun hijau yang cukup populer, selada memang disukai karena rasanya yang segar. Selain itu, selada dikenal memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan.Seperti mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, diabetes, obesitas, dan masalah kesehatan lainnya.Daun selada biasanya dibuat lalapan ataupun salad.

  • Cara penyimpanan:

Selada dapat bertahan hingga 5 hari,cara menyimpannya denga mencuci dan mengeringkan daun selada terlebih dahulu. Kemudian letakkan di atas kertas tis,gulung dan masukkan ke dalam plastik/kotak makanan, dan tutup rapat. Kertas tisu akan menyerap kelebihan air dari daun selada dan mencegahnya busuk. Kantong plastik juga mencegah udara masuk sehingga daun selada tidak cepat layu.

7.Mentimun

Masyarakat Indonesia tentu tak asing lagi dengan timun atau mentimun. Bahkan sayuran ini juga terkenal di berbagai belahan dunia.Selain mengandung mineral, mentimun juga kaya serat dan nutrisi.Biasanya dimakan langsung, direbus dikukus dan disayur, bisa juga dibuat acar.

 

  • Cara penyimpanan:

Mentimun dapat disimpan dalam kulkas dan bertahan selama beberapa hari. Jika bagian timun tidak digunakan seluruhnya,simpanlah pada wadah plastik waktu 1-2 hari kedepan.

 

8.Wortel

Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi. Dengan kandungan tersebut, manfaat wortel cukup penting untuk tubuh manusia.Wortel bisa dikonsumsi dengan cara dikukus sebentar, dimakan mentah atau dijadikan jus.

  • Cara menyimpan:

Wortel dapat bertahan hingga 2 minggu.Bungkus wortel dengan kertas atau plastik kemudian simpan wortel di lemari es. Jika ingin wortel bertahan hingga lebih lama lagi sampai dua minggu, masukkan wortel ke dalam toples atau kotak makan yang telah diberi air.

 

9.Paprika

Paprika, salah satu bahan memasak yang banyak disuka karena memiliki rasa manis dan warna-warna cerah untuk menambah selera makan.paprika sehat untuk dimakan karena rendah lemak dan rendah kalori sehingga tidak meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.Biasanya dibuat saus asam manis atau campuran oseng ataupun beberapa masakan lainnya.

  • Cara menyimpan:

Paprika dapat bertahan hingga 5 hari.Cuci terlebih dahulu,kemudian keringkan.Lalu tempatkan di plastik.Kemudian simpan di lemari es.

 

 

10.Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayuran hijau dari keluarga tanaman kubis.Brokoli terkenal sebagai sumber makanan yang paling sehat karena mengandung berbagai macam nutrisi.Sayuran ini biasanya dimasak menjadi sop atau salad.

  • Cara menyimpan:

Brokoli dapat disimpan selama 1 minggu,Langsung saja bungkus sayur kubis menggunakan plastik,lalu simpan di kulkas.

 

11.Kentang

Kentang sudah terkenal sudah sejak lama.Salah satu sumber karbohidrat baik penyuplai energi tubuh.Kentang mengandung akan nutrisi seperti vitamin A, B-kompleks,C, hingga asam folat.Biasanya kentang diolah menjadi kentang goreng, donat dan lain sebagiannya.

  • Cara menyimpan:

Kentang dapat bertahan hingga 5 hari.Simpan kentang di dalam kardus,kantong kertas,taruh di tempat yang sejuk.

 

12.Seledri

Daun seledri dikenal sebagai salah satu sayuran yang digunakan untuk pelengkap masakan.Tumbuhan berwarna hijau ini ternyata sangat kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh.Biasanya digunakan untuk pelengkap makanan ataupun hiasan pada mskanan.

  • Cara menyimpan:

Seledri dapat bertahan hingga 2 minggu.Bungkus seledri dengan plastik.

Untuk seledri yang sudah dibungkus plastik atau kertas, selanjutnya masukkan ke dalam kulkas.

 

13.Daun singkong

Singkong atau ketela merupakan tanaman umbi-umbian yang kerap dijadikan pengganti makanan pokok. Singkong mudah ditemui di pasaran.Daun singkong mengandung nutrisi penting termasuk vitamin, protein, mineral dan asam amino alami.Daun singkon juga banyak diolah menjadi berbagai menu masakan mulai dari lalapan, hingga aneka sayuran daun singkong.

  • Cara menyimpan:

daun singkong dapat bertahan sampai 1 minggu. sebelum disimpan,cuci bersih, dikeringkan, dan disimpan dalam plastik berlubang lalu ditempatkan di kulkas.

 

14.Daun kemangi

Daun kemangi mungkin lebih dikenal sebagai lalapan yang menambah cita rasa makanan yang disantap.Namun, bukan cuma bikin makanan makin enak, daun kemang juga berguna untuk kulit wajah dan tubuh.

  • Cara menyimpan:

Kemangi dapat bertahan hingga 3 hari.Cara untuk menyimpan daun kemangi adalah merendam bagian bawah batangnya dengan segelas air dan disimpan dalam suhu ruang.

 

 

 

15.Daun pepaya

daun pepaya ini memiliki rasa yang pahit. Namun bisa dijadikan bahan masakan seperti tumisan, urap, lalapan bahkan jus.Daun pepaya berguna sebagai obat alami yang dapat membantu mengatasi beberapa kondisi kesehatan, seperti demam berdarah, nyeri saat menstruasi, dan peradangan.

  • Cara menyimpan:

Daun pepaya dapat bertahan hingga 1 minggu.sebelum disimpan,cuci bersih, dikeringkan, dan disimpan dalam plastik berlubang lalu ditempatkan di kulkas.

 

16.Kacang panjang

Kacang Panjang merupakan tanaman yang biasa dijadikan sebagai sayuran atau pun sebagai lalapan.Kacang panjang merupakan sumber protein yang baik.

  • Cara menyimpan:

kacang panjang dapat tahan sampai 10 hari.Kacang panjang dapat disimpan dalam kulkas.Ikat menjadi satu ,masukkan dalam plastik yang berlubang,simpan dalam wadah dikulkas.

 

17.Pare

Pare adalah satu tumbuhan merambat yang mudah ditemukan di negara indonesia.Pare merupakan sumber vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K yang baik. Di dalamnya juga terkandung mineral penting seperti magnesium, mangan, potassium.

 

  • Cara menyimpan:

Tempatkan dalam wadah plastik tertutup kemudian disimpan dalam lemari pendingin hingga 3-5 hari.

 

18.Labu siam

Labu siam merupakan salah satu sayuran yang mengandung karbohidrat di dalamnya.Sayuran ini biasanyan di masak menjadi sayur lodeh,dan lainnya.

  • Cara menyimpan:

Labu siam bisa bertahan sampai 7 hari bila disimpan dalam kulkas.

 

19.Oyong

Oyong mengandung vitamin dan nutrisi pada daging buahnya yang lembut.Di Indonesia, oyong biasanya dibuat sayur bening atau ditumis dengan kecap dan sohun.

  • Cara menyimpan:

Bersihkan Oyong dengan cara dicuci dan dikeringkan kemudian masukkan dalam wadah/kantong plastik dan simpan dalam kulkas, Oyong bisa bertahan sampai dengan satu minggu.

 

  1. Tauge

Kecambah atau tauge menjadi salah satu sayuran populer di Indonesia.Tauge mengandung vitamin E, antioksidan, dan vitamin B yang tinggi sehingga bermanfaat bagi tubuh. Tauge umumnya dijadikan pelengkap beberapa masakan. Seperti rawon, ayam goreng, tahu telur, dan sebagainya.

 

  • Cara menyimpan:

Bungkuslah dengan menggunakan kertas, supaya airnya dapat menyerap.Baru kemudian simpan di dalam kulkas di bagian yang khusus sayuran.

 

21.Jagung manis

Jagung manis, sayuran kuning yang kaya serat ini bermanfaat bagi kesehatan.Sayuran berbonggol dan berwarna kuning ini mengandung kalium, vitamin B-kompleks, vitamin B3, terutama folat dan niasin.Jagung manis bisa di rebus atau di buat sayur asem.

  • Cara menyimpan:

Bungkus dalam kertas dan harus dikonsumsi sebelum 5-7 hari.Agar kualitasnya tetap terjaga, simpan dalam wadah kedap udara dan kering, lalu masukkan ke dalam kulkas.

 

22.Daun bawang

Daun bawang banyak digunakan sebagai penyedap masakan.Daun bawang memiliki segudang manfaat,dan mengandung banyak nutrisi.

 

  • Cara menyimpan:

Cara agar daun bawang agar tetap segar dan tahan lama adalah dengan disimpan dalam keadaan kering. Setelah daun bawang dicuci bersih, lap daun bawang menggunakan tisu atau atau serbet bersih,kemudian taruh di kulkas.

 

23.Kembang kol

Kembang kol mudah ditemui dan diolah menjadi berbagai menu makanan. Sayuran ini cukup tinggi serat sehingga dapat mendukung fungsi pencernaan sehat.kembang kol biasanya di buat capcay,atau masakan lainnya.

  • Cara menyimpan:

cuci bersih kembang kol kemudian potong menjadi empat bagian. masukkan kembang kol ke wadah plastik yang sudah diberi lubang atau ke kantong kertas. Simpan kembang kol di lemari es.

 

24.Bawang merah

Bawang merah merupakan salah satu bumbu dasar penting dalam masakan. Bahkan hampir selalu ada di setiap dapur.Bumbu dapur yang satu ini memang sudah dikenal dengan kandungan antibakteri dan antiseptik yang mampu menjaga kesehatan tubuh.Biasanya dibuat menjadi bawang goreng,atau sebagai bumbu masakan.

  • Cara menyimpan:

Bawang merah dapat bertahan hingga 1 bulan,simpan di dalam keranjang berpori. Lalu biarkan diangin-anginkan.

 

  1. Terong

Terong merupakan salah satu sayuran yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. kerap diolah menjadi berbagai menu makanan, mulai dari sayur asam, sayur lodeh, tumis terong, hingga lalapan. manfaat terong begitu beragam, mulai dari menjaga kesehatan jantung sampai membuat kulit bersinar alami.

  • Cara menyimpan:

Agar terong tahan lebih lama dan tetap segar, simpan terong di lemari es. Simpan terong di lemari es pada penyimpanan khusus sayur. Untuk terong yang disimpan di dalam lemari es sebaiknya dibungkus dulu dengan plastik.

 

  1. Daun melinjo

Daun melinjo sering dijadikan tambahan dalam sayur lodeh, sayur asem.Daun melinjo memiliki kandungan mineral magnesium yang dipercaya mampu membantu merawat kesehatan tulang.

  • Cara menyimpan:

Bersihkan daun melinjo dengan cara dicuci dan dikeringkan kemudian masukkan dalam wadah/kantong plastik dan simpan dalam kulkas.

 

27.Daun salam

Daun salam merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh.Daun salam memiliki khasiat sebagai antioksidan, antiseptik, antikanker dan pencernaan.Daun salam biasanya digunakan sebagai penambah aroma pada masakan.

  • Cara menyimpan:

Bersihkan dau salam dengan cara dicuci dan dikeringkan kemudian masukkan dalam wadah/kantong plastik dan simpan dalam kulkas.

 

 

28.Cabai rawit merah

Cabe rawit merupakan salah satu sayuran yang cukup populer di Indonesia. Cabe rawit sendiri seringkali dijadikan sebagai bahan utama pembuatan sambal.Ada beragam nutrisi di dalam cabai yang bermanfaat untuk kesehatan, termasuk protein, karbohidrat, gula, serat, lemak, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, zat besi, magnesium, kalium, air dan capsaicin.

  • Cara menyimpan:

Agar tetap awet adalah dengan menyimpannya di dalam plastik kedap udara atau zip lock. Pisahkan batang cabai terlebih dahulu, baru masukkan ke dalam plastik dan simpan di dalam kulkas. Dengan cara ini, cabai yang kita simpan bisa bertahan hingga seminggu lebih.

 

29.Cabai rawit putih

cabai putih adalah warna buahnya yang putih kekuningan dan baru berubah menjadi kemerahan saat sudah masak.Selain enak dijadikan sambal ataupun campuran ke dalam tumisan hingga sayuran, cabe rawit memiliki ragam nutrisi yang menyehatkan. Hal ini dikarenakan cabe rawit memiliki banyak nutrisi sehat seperti halnya fosfor, vitamin C, kalsium dan lain sebagainya.

  • Cara menyimpan:

Agar tetap awet adalah dengan menyimpannya di dalam plastik kedap udara atau zip lock. Pisahkan batang cabai terlebih dahulu, baru masukkan ke dalam plastik dan simpan di dalam kulkas. Dengan cara ini, cabai yang kita simpan bisa bertahan hingga seminggu lebih.

 

 

30.Cabai keriting merah

Cabai keriting jadi salah satu bumbu yang paling sering digunakan orang Asia. Cabai mengandung dua jenis vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh, yaitu vitamin A dan C. Vitamin A mampu menjaga daya tahan tubuh, sekaligus baik untuk memelihara kesehatan indera pengelihatan.Biasanya dijadikan sambal ataupun campuran ke dalam tumisan hingga sayuran.

  • Cara menyimpan:

Agar tetap awet adalah dengan menyimpannya di dalam plastik kedap udara atau zip lock. Pisahkan batang cabai terlebih dahulu, baru masukkan ke dalam plastik dan simpan di dalam kulkas. Dengan cara ini, cabai yang kita simpan bisa bertahan hingga seminggu lebih.

 

 

31.Cabai keriting hijau

cabai hijau memiliki tempat tersendiri bagi para pecinta cabai dan masakan pedas.cabai hijau, ia menyimpan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, mulai dari kesehatan penglihatan hingga kesehatan rambut.Sering digunakan sebagai bahan utama masakan, seperti sambal, balado, dan masih banyak lagi.

  • Cara menyimpan:

Agar tetap awet adalah dengan menyimpannya di dalam plastik kedap udara atau zip lock. Pisahkan batang cabai terlebih dahulu, baru masukkan ke dalam plastik dan simpan di dalam kulkas. Dengan cara ini, cabai yang kita simpan bisa bertahan hingga seminggu lebih.

 

32.Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu bumbu pokok dalam setiap masakan.Selain sebagai bumbu dapur, bawang putih juga punya segudang manfaat kesehatan,diantaranya membuang racun tubuh.Bawang putih digunakan untuk bumbu masakan.

  • Cara menyimpan:

simpan bawang putih dalam keranjang yang punya lubang ventilasi. Bawang sudah dikupas bisa disimpan dalam lemari es dengan keadaan bawang dalam wadah tertutup rapat.

 

 

33.Bawang bombay

Bawang bombay adalah tanaman yang umumnya digunakan sebagai bumbu masakan. Di samping aromanya yang sedap, bawang bombay juga ternyata mengandung banyak manfaat bagi kesehatan.Selain jadi bahan masakan, bawang bombay sering dijadikan bahan salad atau dibuat menjadi onion ring.

  • Cara menyimpan:

Untuk menyimpan bawang bombay yang belum dipotong atau masih dalam keadaan yang utuh, harus disimpan di keranjang.terbuka dibandingkan di kantong plastik.Bawang bombai dapat bertahan hingga 1 bulan.

 

34.Buah bit

Buah bit atau buah bit merah adalah tanaman sejenis umbi yang berwarna ungu kemerahan yang bentuknya menyerupai kentang. Buah bit memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh karena mengandung tinggi karbohidrat namun rendah lemak, kalori dan proteinnya.Kebanyakan orang mengonsumsinya dengan cara dibuat jus.

  • Cara menyimpan:

Caranya, potong batang dan sisakan sejari kelingking. Masukkan dalam plastik dan simpan dalam kulkas bagian sayuran. Ingat, jangan potong akar tebalnya sampai waktu masak tiba. Buah bit merah akan tahan maksimal selama 2 minggu.

 

35.Daun jeruk

Daun jeruk menjadi salah satu bumbu masakan yang bisa membuat setiap masakan terasa lebih sedap.wangi sedap juga kerap dijadikan sebagai bahan makanan wajib seperti bumbu pecel, rempeyek, gado-gado hingga makanan asal Thailand, Tom yam.Daun jeruk memiliki senyawa alami yaitu tannin, kadar steroid triterpenoid, serta minyak atsiri.

  • Cara menyimpan:

Daun jeruk yang disimpan di lemari es akan bertahan hingga 4 sampai 7 hari.Daun jeruk yang hendak disimpan kemudian masukkan ke dalam kantong kertas atau plastik. Tutup rapat kemudian masukkan di lemari es.

 

36.Jagung acar

Jagung acar/jagung  muda merupakan tanaman jagung yang dipanen dari jenis pohon jagung biasa, namun pada waktu lebih awal.Jagung muda selain enak untuk dijadikan bahan masakan, ternyata bisa memiliki manfaat lainnya bagi kesehatan.

  • Cara menyimpan:

Masukkan jagung muda ke dalam kantong plastik atau kantong kertas. Simpan di tempat yang sejuk di dalam ruangan. Cara penyimpanan ini bisa membuat jagung muda mampu bertahan 2 hingga 3 hari.

 

37.Jamur tiram

Jamur tiram menjadi salah satu bahan masakan yang bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat. Jamur tiram juga mengandung nutrisi dan gizi yang sangat baik buat kesehatan.

  • Cara menyimpan:

Sebelum menyimpan jamur tiram, sebaiknya jamur tidak perlu dicuci terlebih dulu.Jamur yang sudah disimpan di kantong plastik atau wadah tertutup selanjutnya bisa disimpan di suhu ruangan atau di lemari es.Jamur di lemari es bisa bertahan hingga 1 minggu.

 

38.Jamur enoki

Jamur enoki adalah jenis jamur yang tumbuh pada musim dingin.Jamur enoki mengandung segudang nutrisi yang penting dan membuat masakan lebih bergizi.Enoki biasa digunakan di dalam menu rebusan atau tumisan. Kadang juga disantap sebagai gorengan renyah dengan tambahan saus.

  • Cara menyimpan:

Supaya awet, kita bisa memotong bagian akar jamur enoki, kemudian mengikat bagian batang jamur dan membungkusnya dengan kertas bersih, sebelum disimpan dalam plastik di kulkas.

 

39.Kacang tanah

Kacang tanah mudah ditemukan di pasaran dengan harga relatif murah. Kacang tanah juga bisa diolah menjadi berbagai makanan dan cemilan, mulai dari kacang rebus, kacang goreng, hingga bumbu sambal kacang.Kacang tanah mengandung kebaikan yang tinggi serta merupakan sumber protein.

  • Cara menyimpan:

Tempatkan kacang tanah dalam wadah kedap udara lalu simpan dalam freezer.

 

40.Labu air

Labu air merupakan buah dari tanaman rambat.Ada beragam jenis nutrisi yang terkandung dalam labu air.Labu air sering sekali dijadikan sayur.

  • Cara menyimpan:

Labu air tidak perlu disimpan dalam kulkas. Cukup taruh di tempat yang teduh namun tidak lembap. Daya tahan labu siam cukup baik, yaitu hingga seminggu di suhu ruang.

 

41.Labu kuning

Labu kuning di Indonesia sering diolah menjadi kolak selama bulan puasa.Labu kuning memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh karena kaya akan kandungan vitamin dan mineral.

  • Cara menyimpan:

Untuk labu yang masih utuh, labu cukup disimpan di tempat kering di suhu ruangan.Jika labu yang sudah dipotong yang disimpan di lemari es bagian luar akan bertahan kurang lebih selama 1 sampai 2 minggu. Sedangkan untuk labu potong yang disimpan di freezer akan bertahan hingga 1 sampai 2 bulan.

 

42.Sawi caisin

Sawi hijau biasa juga disebut dengan caisim. Ini adalah jenis sawi yang sering ditemukan. Biasanya, digunakan sebagai sayuran tambahan untuk hidangan mie instan,caisim juga bisa dimasak langsung dengan cara ditumis ataupun dijadikan campuran mi goreng ataupun capcay.Sawi merupakan sayur kaya vitamin A, C, dan K yang penting menjaga fungsi tubuh.

  • Cara menyimpan:

Jangan mencuci sayuran hijau lebih dulu jika tidak ingin langsung dimasak.Cara menyimpan sayuran tersebut ialah dengan membalutnya dengan kertas lalu masukkan ke rak kulkas paling bawah.

 

43.Sawi putih

Sawi putih dijual di pasaran dengan harga cukup murah. Masyarakat Indonesia biasanya mengolah sawi putih sebagai aneka tumis, sup, lalapan, pelengkap mie ayam serta bakso.Sawi putih memiliki kandungan vitamin dan mineralnya.

  • Cara menyimpan:

Sawi putih yang belum dicuci bisa disimpan selama seminggu di dalam lemari es.

 

44.Tomat hijau

Tomat hijau merupakan salah satu jenis tomat yang ukurannya lebih kecil. Tomat jenis ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan kesehatan kulit.Biasanya untuk membuat makanan, saus, atau digunakan untuk tambahan membuat sandwich atau sup.

  • Cara menyimpan:

Untuk tomat yang belum cukup matang bisa disimpan pada suhu ruangan, namun jangan sampai terkena matahari langsung.

 

45.Tomat buah

Tomat ini memiliki ukuran kecil. Jenis tomat ini memiliki rasa yang cukup manis dan mengandung banyak air. Buah tomat ini sering digunakan untuk campuran salad atau dimakan langsung. Kandungan tomat dipercaya mampu mencegah berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung, kulit, hingga diabetes.

 

  • Cara menyimpan:

Tomat yang sudah matang dan disimpan di dalam lemari pendingin bisa bertahan antara 2 – 3 hari hingga membusuk. Sedangkan, tomat segar yang disimpan di dalam freezer bisa bertahan hingga 2 bulan.

 

46.Tempe

Tempe sebagai makanan yang paling banyak digemari oleh masyarakat Indonesia.Tempe kaya akan serat pangan, vitamin B, dan zat besi.Tempe yang biasa disantap oleh orang Indonesia, mulai dari tempe goreng, oseng tempe, orak-arik, tempe bacem, dan sebagainya.

 

  • Cara menyimpan:

Untuk menyimpan tempe, biarkan tempe dalam keadaan utuh. Masukkan ke dalam plastik tertutup, kemudian masukkan ke dalam lemari es bagian luar (bukan freezer).

 

47.Tahu

Tahu menjadi salah satu makanan paling favorit di kalangan masyarakat Indonesia. Biasanya tahu disajikan sebagai lauk pendamping bersama tempe dan sayuran.Kandungan tahu yang memiliki protein nabati yang sangat baik untuk kesehatan.

  • Cara menyimpan:

Caranya letakkan tahu dalam wadah kedap udara,Caranya letakkan tahu dalam wadah kedap udara.Tuang air tawar yang cukup untuk merendam tahu di dalam wadah. jangan lupa ganti air setiap hari supaya tahu tetap lembab dan segar.

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Troli
Tidak ada produk di troli!
Subtotal
Rp0
Total
Rp0
Lanjutkan Belanja